Tuesday, February 11, 2014


Siapa yang tidak kenal dengan game paling populer satu ini. Flappy Bird. Sudah banyak pengguna iOS dan Android yang mengunduh permainan ini. Game dengan grafis sederhana ini membutuhkan konsentrasi dalam memainkannya. Banyak orang penasaran, agar burung dapat melewati pipa-pipa berbeda ukuran. Memang sangat menarik namun ada juga yang bisa stres ketika memainkannya. Sayangnya, menurut account Twitter sang pembuat game ini sendiri yaitu, Dong Nguyen, @dongatory, Flappy Bird tidak akan bertahan lama karena dia mencabut game populer ini baik yang ada di iTunes App Store atau juga Google Play.

Nguyen menjelaskan bahwa dia tidak dapat meneruskan untuk ‘mengayomi’ game yang sangat potensial menghasilkan uang ini. “Ini (pencabutan Flappy Bird di iTunes App Store dan Google Play) tidak ada hubungannya dengan pelanggaran hak cipta. Saya hanya tidak sanggup menahannya lagi,” jelas Nguyen dalam account Twitternya.

Tidak diketahui apa maksud dari tulisan “Tidak dapat menahannya lagi.” Namun menurut analisis yang tertulis di Kotaku (09/02), ada kemungkinan memang beberapa pembuat game lain khususnya Nintendo yang pernah membuat game fenomenal, Mario Bross, keberatan dan menganggap Nguyen melanggar hak paten desain grafis dari game mereka.

Hal tersebut ditampilkan dari desain warna langit dan pipa yang ada di Flappy Bird sama dengan apa yang ada di game Mario Bross. Sayangnya, tidak ada penjelasan terperinci akan hal itu.

Namun, sebagai susulan, Nguyen menuliskan dalam account Twitternya bahwa dia memang akan ‘membunuh’ Flappy Bird namun dia tetap akan berkreasi dengan membuat game lainnya.

Flappy Bird memang tersedia gratis di App Store untuk platform iOS dan Google Play untuk platform Android. Sejak meluncur pada Maret 2013, jumlah unduhannya mencapai 10 juta di seluruh dunia. Berkat kepopuleran Flappy Bird, Nguyen mampu meraup untung US$ 50 ribu atau sekitar Rp 608 juta per hari.

Dengan dicabutnya Flappy Bird dari iTunes App Store dan Google Play serta batalnya game ini masuk ke pasar Windows Phone, tentunya akan membuat banyak penggemarnya kecewa.

Kita nantikan saja sekuel dari Game sederhana tapi menjengkelkan Flappy Bird besok . Apakah akan sepopuler Flappy Bird sebelumnya atau sama sekali tidak .
Categories:

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!